Jumat, 07 Desember 2012

Pengertian Daftar Rujukan (Daftar Pustaka) dan Cara Penulisannya


-->
a. Pengertian daftar rujukan

Daftar rujukan sering disebut dengan daftar pustaka. Daftar rujukan merupakan daftar yang berisi buku, majalah, artikel atau bahan lainnya yang dikutip secara langsung atau tidak langsung. Daftar rujukan berfungsi memberikan informasi kepada pembaca tentang sumber-sumber yang digunakan penulis dalam menulis karangan ilmiah. Bahan-bahan yang dibaca, tetapi tidak dikutip sebaiknya tidak perlu dicantumkan dalam daftar rujukan.

b. Unsur-unsur daftar pustaka
Pada dasarnya unsur-unsur yang ditulis dalam daftar rujukan secara berturut-turut meliputi:
  1. Nama pengarang
Penulisan nama pengarang dalam daftar rujukan adalah sebagai berikut:
  1. Ditulis dengan huruf kecil, kecuali huruf pertama dari setiap kata;
  2. Dibalik susunannya yang terdiri dari nama keluarga dikuti dengan tanda koma, kemudian dilanjutkan dengan nama kecil atau nama depan
  3. Jika satu sumber terdiri dari dua pengarang, yang dibalik susunannya hanya nama pengarang pertama, sedangkang untuk pengarang kedua ditulis sebagaimana yang tertulis pada sumber.
  4. Jika sebuah sumber terdiri dari tiga orang pengarang, yang dibalik susnannya hanya nama pengarang pertama, sedangkan nama pengarang kedua dan ketiga ditulis sebagaiman tertulis pada sumber atau nama pengarang kedua dan ketiga diganti dengan singkatan dkk.
  5. Jika sebuah sumber lebih dari tiga orang pengarang, cukup ditulis nama pengarang penrtama dan dibalik susunannya, sedangkan nema pengarang berikutnya diganti dengan singkatan dkk.
  6. Jika digunakan beberapa sumber dari pengarang yang sama, penulisan nama pengarang untuk penunjukan yang kedua dan seterusnya dapat digantikan dengan garis sepanjang tujuh ketukan.
  7. Jika sumber yang digunakan tidak dicantumkan nama pengarang, dapat digunakan nama lembaga sebagai pengganti nama pengarang.
  1. Judul
Ketentuan penulisan judul sebagai berikut:
  1. Judul buku ditulis dengan huruf kecil, kecuali huruf pertama dari setiap kata yang bukan kata depan dan dicetak miring
  2. Jika sumber berupa artikel dari jurnal, majalah, atau surat kabar, judul artikel diapit oleh tanda petik sedangkan nama majalah, jurnal, atau surat kabar dicetak miring;
  3. Judul buku atau artikel harus ditulis lengkap sebagaimana tertera pada sumber.
  1. Data publikasi
Yang termasuk ke dalam data publikasi buku adalah tempat terbit, tahun terbit, penerbit, edisi (cetakan), jilid, sedangkan majalah perlu dicantumkan bulan dan nomor halaman.

c. Contoh Penulisan daftar rujukan
  1. Sumber dari buku yang terdiri dari satu penulis

Tung, K.Y. 2000. Pendidikan dan Riset di Internet : Strategi Meningkatkan Kualitas SDM dengan Riset dan Pendidikan Global Melalui Teknologi Informasi. Jakarta : Dinastindo.


  1. Sumber dari buku yang terdiri dari dua penulis
Eggen, J. and Kauchack R. 1988. Strategies for Teachers, Teaching Content and Thinking Skills. Rev.Ed. Englewood Cliffs : Prentice Hall.

  1. Sumber dari buku yang terdiri dari tiga penulis atau lebih

Sewijn, P.,dkk. 1996. Courseware Development Methodology. Swiss : Federal Institute for Technology Laboratory for Computer Aided Instruction.

  1. Jika penulis yang sama menulis lebih dari satu sumber
Afrianto, D. 1999a. Pedoman Penulisan HTML. Jakarta : Gramedia.
________. 1999b. Belajar Delphi dalam 25 Jurus. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
  1. Contoh Penulisan Daftar untuk sumber artikel dalam jurnal

Jauhari, Jaidan. 2005 (April). “Perangkat Lunak Pembangkit Geometri Fraktal Berbasis Fungsi Polinomial”, Jurnal Ilmiah Forum MIPA FKIP Unsri. III (3), halaman 30-46.
Azimov, A.Y. & Gasimov R.N. 1999 (April). “On Weak Conjugcy, Weak Subdifferentials and Quality with Zero-gap in non-Convex Optimization”, International Journal of Applied Mathematics. III (2), hal.171-192.
  1. Contoh Penulisan daftar rujukan untuk sumber berupa Laporan tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi
Meuthia. 2004. “Pengembangan Sistem Informasi Akademik Politeknik Negeri Lhokseumawe”,( Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe). karya tidak diterbitkan.
  1. Contoh Penulisan daftar rujukan untuk sumber berupa publikasi departemen/ atau lembaga

Departemen Pendidikan Nasional. 1999. Petunjuk Pelaksanaan Beasiswa dan Dana Bantuan Operasional. Jakarta : Depdiknas.

Proyek TPSDP. 2004. Petunjuk Pelaksanaan dan Implementasi Proyek serta Pengawasannya. Jakarta : Depdiknas

  1. Contoh penulisan daftar rujukan untuk sumber dari internet
Raharjo, Budi. 2000. Implikasi Teknologi Informasi dan Internet Terhadap Pendidikan, Bisnis, dan Pemerintahan : Siapkah Indonesia ?.(online) www. budi.insan.co.id/articles/riau-it.doc. diakses 30 September 2005.
Oyama, O, Shigeru, O & Nakahashi, K. 2000. Real-coded adaptive range and its application to aerodynamic design. (online) Tersedia : Home.earthlink.net /~akiraoyama/papers/jsme2000.pdf. diakses 20 Oktober 2005.
  1. Contoh penulisan daftar rujukan untuk sumber artikel dalam surat kabar dari internet.
Abdulah, A. 2004 (02 Oktober). “Pendidikan Jarak Jauh dan Implementasinya di Era Teknologi Informasi” (online). Tersedia : www.republika.co.id/articles Diakses 25 Oktober 2005.

d. Sistem penulisan daftar rujukan
Sitem penulisan daftar rujukan dikenal dengan sistem alfabetis/harvard, sistem numerik/vankouver
Ketentuan penulisan daftar pustaka dengan sistem Harvard adalah sebagai berikut:
      1. Nama penulis diurutkan sesuai dengan urutan abjad;
      2. Tahun terbit ditempatkan setelah penulis;
Jika terdapat beberapa sumber yang ditulis oleh pengarang yang sama, nama penulis untuk penunjukan sumber kedua dan seterusnya boleh tidak ditulis, tetapi diganti dengan garis sepanjang 15 ketukan;
      1. Jika dua sumber atau lebih dengan judul yang berbeda yang ditulis oleh pengarang yang sama dan diterbitkan pada tahun yang sama, digunakan huruf a, di belakang tahun terbit untuk sumber pertama dan digunakan huruf b untuk sumber berikutnya.
  1. Penulisan sumber yang ditulis oleh tim atau lembaga, nama tim atau lembaga yang ditempatkan di awal sebagai pengganti nama orang.

Contoh penulisan daftar pustaka dengan menggunakan sistem harvard
DAFTAR PUSTAKA


Aker, David dan John Myerf. 1999. Adversiting Management. Cet ke-4. USA: Prentice Hall,

Arifin, E. Zainal. 1990a. Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. Jakarta: MSP.

__________. 1990b. Berbahasa Indonesialah dengan Benar. Cet. Ke-4. Bandung : Pustaka Esa.

Kuhn, Thomas S. 1970. The Structure of Scientific Revolution. Chicago London: The University of Chicago pres.

Pangabean, Riana. 2005. Perkembangan dan Strategi Pengembangan Pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. (online) http://pksm.mercubuana.ac.id/modul/31013-176174017976.doc. (Diakses 1 Juli 2009).

Yahya, Kushadi, dkk. 1990. Pedoman Penulisan Surat Bisnis Modern. Jakartas: ASMI.
DAFTAR PUSTAKA


Akhadiah, Sabarti, dkk. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Tertib Indonesia. Cet. Ke-10. Jakarta: Erlangga.

IKIP Malang. 1996. Pedoman Penulisan Krangan Ilmiah. Edisi ke-3.Malang: OPF IKIP Malang.

Keraf, Gorys. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia. Cet. Ke-12. Ende-Flores:Nusa Indah.
.
Parera, Daniel Jos. 1993. Menulis Tertib dan Sistematis. Jakarta: Erlangga.

Tim Penyusun. Panduan Penulisan Tugas Akhir. Politeknik Negeri Padang (online, unp.ac.id/download/panduan_tugas_akhir.pdf). Diakses 12 Desember 2011.

Tim Jurusan Teknik Sipil. Buku Pedoman Tugas Akhir dan Ujian Sidang Tugas Akhir. Politeknik Negeri Jakarta. (online), http://juteksipilpnj.files. wordpress.com /2008/11 /pedomanta08.pdf). Diakses 12 Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar